Cari

Memuat...

Kamis, 12 Januari 2012

Bukit Bengkirai

Awalnya sich saya penasaran lihat album foto temen-nya teman di FB.. :D
Setelah tanya sana sini ternyata nama tempatnya CANOPY BRIDGE yang berlokasi di Bukit Bengkirai, Kaltim.

Setelah berjuang cari tiket murah (kebayang khan susahnya dapat tiket murah di akhir tahun..) Alhamdulillah akhirnya berkesempatan menginjak bumi Kutai Kartanegara. 
Berhubung sampai Bandara Sepinggan sudah sore dan yang jemput juga kesorean, diputuskan hari itu langung istirahat saja.
Next morning, (setelah malas2 an tentunya) berangkat ke lokasi yg jaraknya 2 jam perjalanan dari kota Balikpapan. Sepanjang jalan, disuguhi pemandangan yang luar bisa dengan kontur jalan yg naik turun seperti lintasan jetcoaster (ini beneran lho.. sayangnya saya nggak sempat foto). 

Setelah ber-jetcoaster-ria sampailah di kawasan Bukit Bengkirai dengan suguhan pemandangan di pintu masuk berupa rumah panggung yang asri..

Pengen punya ini euy.. :)

 Setelah membayar tiket masuk kawasan Bukit Bengkirai dimulailah trek pendakian menuju CANOPY BRIDE (walaupun namanya bukit, tapi treknya tidak seterjal di Kaliurang - YK, pada saat saya ingin melihat kawah Gunung Merapi)

Ini baru setengah jalan lho... :D


Sepanjang perjalanan menuju puncak ditemani suara binatang hutan (sejenis serangga yang saya tidak tahu namanya) dan pemandangan pohon rotan, bengkirai, juga ada beberapa batang pohon besar yang roboh dan menutupi jalan sehingga harus di potong. 

Kata petugasnya sich masih ada juga sejenis monyet, tapi sampai saya pulang tidak menjumpai satupun jenis hewan itu.. Mungkin dia malu ya..

Dan.. inilah trek pendakian sesungguhnya.. Kalau sudah sampai di sini harus benar-benar diniatkan untuk sampai ke puncak tower.. :)

Jangan lupa untuk membaca petunjuk yang terdapat di sebelah kanan pintu masuk sebelum naik ke tower ya..

Setelah membayar tanda masuk, mulailah saya mendaki tower melalui tangga melingkar yang cukup memusingkan buat saya.. sehingga saya memilih trik untuk berhenti setiap lantai untuk membiasakan diri. Sampai akhirnya saya bisa mencapai puncak dan menyebrangi canopy bridge yang membuat saya iri itu sehingga memutuskan untuk melancong ke Balikpapan. 

 Berikut beberapa hasil jepretan ketika berada di anjungan di atas pohon.



 
 Saran saya, sebaiknya membawa minuman... 

Karena cukup melelahkan mendaki undakan sebanyak 10 lantai untuk tiba ke anjungan pertama. Dan jangan lupa kamera, supaya bisa mengabadikan hasil perjuangan untuk mencapai puncak serta keberanian berjalan menyebrangi jembatan antar pohon yng tingginya kira-kira 30 meter. ck ck ck :)



Teruss.. supaya tidak merasa ngeri ketika melintas di jembatan, usahakan untuk tidak melihat ke bawah jembatan, tapi fokus ke depan ke arah anjungan pohon berikutnya.

Kalau sudah berhasil mencapai puncak dan berjalan melalui jembatan gantung dari satu anjungan ke anjungan berikutnya, terasa dech excitement-nya dan semakin kagum atas ciptaan dan kebesaran-Nya. 
 

Note. 
Info lebih jelas tentang tempat wisata ini bisa dilihat di http://www.kutaikartanegarakab.go.id/index.php/tourism/kawasan_wisata_bukit_bengkirai/

 Jalan-jalan Gratis..? Di sini...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar