Minggu, 19 Februari 2012

Benteng Vredeburg


Jogja sudah seperti rumah kedua buat saya, selain karena ibu memang berasal dari kota ini, perjalanan ke jogja juga tidak memakan waktu yang lama serta biaya yang mahal.

Saya nggak inget sudah berapa kali saya bolak balik Jakarta - Jogja, Jogja - Jakarta. Meskipun banyak tempat wisata di Jogja sudah saya kunjungi, belum pernah sekalipun saya masuk ke dalam Benteng Vredeburg. Padahal lokasinya di Jl. Malioboro, dan setiap saya ke Pasar Beringharjo hanya selangkah lagi pintu masuk Benteng Vredeburg  (ha ha ha memalukan ya...)

Tapi terakhir saya ke Jogja beberapa waktu yang lalu, saya paksakan untuk ke benteng ini walaupun harus panas-panasan (belang di lengan saya masih ada lho sampai sekarang karena saya pakai kaos lengan pendek waktu itu..:D )

Benteng Vredeburg adalah  benteng yang dibangun tahun 1765 oleh VOC di Yogyakarta  Benteng ini dibangun oleh VOC sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan gubernur Belanda kala itu. Benteng ini dikelilingi oleh sebuah parit yang masih bisa terlihat sampai sekarang.

Benteng berbentuk persegi ini mempunyai menara pantau di keempat sudutnya. Di masa lalu, tentara VOC dan juga Belanda sering berpatroli mengelilingi dindingnya.


Tiket masuk di bandrol Rp 2.000,- (keknya rata-rata tiket masuk musium segini ya...?! ) Langsung disambut 2 patung "raksasa" pahlawan Nasional Jend. Sudirman dan Urip Sumoharjo. 
(soalnya, saya berdiri tegak aja cuma sebatas sepatu bootnya - atau mungkin saya yang nggak tinggi ya hihihi..)



Dari pintu masuk, diarahkan oleh petugas untuk mulai keliling dari gedung pertama di sebelah kanan. Di dalam gedung ini terdapat diorama perjuangan rakyat DIY.  Terus ke belakang terdapat gerbang yang bisa tembus ke pintu masuk ke Taman Pintar (tapi saya nggak lanjut ke situ, karena memang niatnya ke benteng aja). 




Di sebelah kanan dan kiri gerbang terdapat tangga untuk naik ke atas benteng. Dari atas terlihat gedung-gedung tua seperti kantor pos, gedung BNI danpasar Beringharjo yang berada di samping kiri dan kanan benteng, serta Gedung Agung yang terletak di seberang benteng.

Ternyata di dalam benteng ini juga difungsikan untuk acara pernikahan, seminar, festival, etc. Karena saat itu sedang didirikan tenda2 dan panggung serta beberapa mahasiswa yang sedang membuat dekorasi untuk booth mereka.

Oiya, kalau ke Jl. Malioboro saya pasti sempatkan makan soto ayam 61. Kenapa? Karena servisnya cepet,  trus seger banget rasanya makan soto yang bening itu.. he he he he :D





1 komentar :

  1. Caesars Palace New York New York Hotel & Casino
    The Caesars Palace 양산 출장샵 New York is one of the oldest 광명 출장마사지 luxury hotels in the world and 공주 출장안마 boasts 논산 출장마사지 a 도레미시디 출장샵 new boutique hotel with all of its own features to enhance

    BalasHapus